Resep Ote Ote Paling Praktis Dan Renyah

Indonesia selain dikenal sebagai negara yang kaya akan budayanya, juga dikenal akan keragaman makanan serta jajanannya. Cemilan atau jajanan tersebut bukan hanya pas dinikmati saat waktu bersantai saja, juga dapat dijadikan sebagai pelengkap makan. Diantara banyaknya jenis jajanan seperti ini, ote ote jadi salah satu pilihan tepat untuk dijadikan cemilan pelengkap makan. Mendengar nama ote ote memang terdengar sedikit asing ditelinga, padahal bila sudah membaca resep ote ote pasti sudah tidak asing lagi.

Pasalnya berbeda daerah beda pula istilahnya, dikawasan Jawa Tengah misalnya ote ote lebih sering disebut bakwan atau gimbal. Akan tetapi ada perbedaan antara bakwan dan juga ote ote, dimanakah perbedaannya? Simak lebih lanjut.

Persiapan bahan utama ote ote

     250 gram tepung terigu berprotein sedang

     25 gram tepung beras

     200 ml air

     350 gram udang ukuran kecil atau sedang (sesuai selera)

     50 gram kubis atau kol diiris tipis

     50 gram wortel iris tipis memanjang

     50 gram toge

     2 batang daun seledri iris tipis

     1 butir telur ayam

     Minyak secukupnya

     Garam secukupnya

     Penyedap rasa secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

     4 siung bawang putih

     ½ sdt merica

Cara praktis membuat ote ote

  1. Langkah awal haluskan bumbu tambahkan sedikit garam dan penyedap rasa, kemudian campur bersama telur kocok hingga merata lalu sisihkan.
  2. Campur semua sayur yang telah dicuci bersih seperti kol, toge, wortel dan daun bawang, dilanjutkan dengan menambahkan tepung terigu bersama tepung beras. Setelah semua tercampur rata tambahkan air dan kembali aduk adonan (jangan sampai terlalu encer), tambahkan garam serta penyedap rasa. Masukkan telur yang telah bercampur bumbu tadi lalu aduk kembali semua adonan.
  3. Panaskan minyak lalu ambil adonan ote ote menggunakan sendok sayur lalu goreng dan tambahkan udang dibagian atasnya.
  4. Tunggu hingga warna berubah kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Selain mudah dalam membuat, bahan dan bumbu resep ote ote sangat sederhana serta harganya terjangkau. Sebagian orang ketika membuat ote ote sering tidak menggunakan udang dengan alasan alergi. Sebenarnya udang aman dikonsumsi dan tidak membuat alergi, asalkan diolah menggunakan cara yang benar dan tepat. Tips mengolah udang agar tidak membuat alergi ialah hindari memilih udang yang kepalanya hampir putus dan sedikit lembek, lebih baik memilih udang segar yang warnanya merah jingga terang tidak pucat.

Kupas kulit hingga sepanjang badan lalu cuci hingga bersih selanjutnya rebus udang bersama sedikit arang dan rebus hingga matang. Setelah matang angkat dilanjutkan dengan mencucinya kembali hingga bersih, baru dapat diolah menjadi berbagai olahan termasuk ote ote. Berbekal teknik tersebut Anda sudah bebas menikmati udang tanpa takut terbayang alergi karena memakan udang. Itulah tadi resep ote ote yang praktis, selamat mencoba.

Resep Ote Ote Paling Praktis Dan Renyah | Dhayu | 4.5