Resep Membuat Ayam Geprek Pedes Nampol Dan Enak

Ayam geprek adalah olahan masakan yang menggunakan ayam tepung sebagai bahan dasarnya. Untuk resep ayam geprek sendiri hampir sama dengan ayam penyet, ayam gepuk dan ayam sambal kosek, bumbu dan resep yang di pakai juga seperti resep masakan jawa pada umum nya.

Perpaduan bumbu pada resep ayam geprek ini membuat kelezatan yang luar biasa. Cita rasanya pun menjadi disukai oleh semua kalangan. Meskipun hampir sama dengan resep ayam lainnya, tetapi resep ayam geprek memiliki ciri khas tersendiri.

Untuk memberikan cita rasa yang nikmat dan lezat, mengolah ayam geprek harus menggunakan teknik yang benar supaya hasilnya cantik. Berikut tips mengolah ayam geprek yang dapat langsung Anda praktekan di rumah ataupun dimana saja :

Sebelum memulai membuat resep ayam gepreknya, maka terlebih dahulu Anda harus memilih ayam yang baik. Ciri-ciri ayam yang baik adalah ayam yang terlihat masih segar, karena akan membuat teksturnya menjadi gurih dan empuk.

Menu ayam geprek sebenarnya mirip dengan ayam penyet, tetapi bedanya pada tepung yang membalut potongan ayam tersebut.

Ayam penyet tidak menggunakan tepung tetapi di gepengkan, sedangkan ayam geprek dibalut tepung gurih lalu digoreng hingga gurih. Ayam tersebut kemudian di pukul – pukul dengan menggunakan ulekan yang telah disediakan.

Sangat nikmat , renyah, pedas berbaur menjadi satu di lidah. Tak heran jika saja restoran ayam geprek tak pernah sepi oleh para penikmat, apalagi menjelang akhir pekan.

Persaingan rasa terbaik pun terjadi, demi memuaskan lidah konsumen dan membuat mereka ketagihan. Pencinta kuliner ayam pedas wajib mencoba menu ini.

Sejarah ayam geprek bermula dari kota Gudeg, Yogyakarta. Menu ayam geprek sebenarnya unik. Ini merupakan perpaduan antara menu barat dan Indonesia.

Seperti yang kita sudah ketahui bahwa ayam goreng tepung adalah menu khas restoran cepat saji yang berasal dari America. Sedangkan untuk sambal matah adalah khas asli dari Indonesia.

Pada kenyataannya, mengolah ayam geprek benar-benar dipukul-pukul/digeprek-geprek dengan menggunakan ulegan. Hal ini juga bermaksud untuk sambal uleg meresap ke dalam daging ayamnya.

Peminat yang tinggi terhadap menu ini membuat banyak pengusaha kuliner berbondong-bondong ikut menjual ayam geprek paling lezat.

Sebisa mungkin menggunakan ayam kampung untuk membuat resep ayam geprek, karena akan memberikan rasa yang lebih gurih

Ketika menggoreng ayam, sebaiknya gunakan minyak yang banyak dan di panaskan terlebih dahulu.

Resep Membuat Ayam Geprek

Resep Membuat Ayam Geprek

Untuk membuat sambal ayam geprek sebaiknya jangan menggunakan tomat, karena akan membuat tekstur sambalnya menjadi basah dan juga cepat basi.

Bahan dan bumbu untuk mengolah ayam geprek  adalahh sebagai berikut :

Bahan ayam geprek :

Ayam kampung (bagian dada atau paha)

  • 1 cangkir tepung (Tepung bumbu saji)
  • 1 buah jeruk lemon
  • 1 butir ayam
  • ½ sdm soda kue
  • Garam secukupnya

Cara memasak ayam geprek :

  1. Cuci bersih ayam yang telah disediakan, kemudian potong menjadi beberapa bagian.
  2. Masukan telur, air perasan jeruk lemon dan soda ke wadah yangn telah disediakan, kemudian aduk dengan menambahkan garam secukupnya.
  3. Kemudian masukan ayam, sambil diaduk supaya bumbu menempel pada ayam secara rata
  4. Diamkan selama 10 menit agar bumbu meresap
  5. Setelah 10 menit, lalu gulingkan ayam pada tepung yang telah disediakan
  6. Lalu goreng hingga matang sempurna atau berwarna kuning keemasan Angkat kemudian tiriskan.
  7. Lalu ulek sambalnya, taruh ayam yang sudah di goreng, lalu pukul-pukul dengan ulekan.

 

Advertisement
Resep Membuat Ayam Geprek Pedes Nampol Dan Enak | Ares | 4.5