Resep cara membuat Bubur Sumsum yang Enak

Berbicara mengenai makanan atau jajanan Indonesia, terutama jajanan pasarnya. Ketika membahas tentang jajanan pasar tradisional khas Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Kulinari Indonesia memang paling pas untuk dicoba. Pasti selalu ada makanan baru setiap harinya. Buat Anda yang hobi ngemil, pasti lidahnya serasa dimanjakan tiap hari jika terus mencicipi jajanan Indonesia yang berbeda disetiap saat. Dari berbagai macam jajanan pasar tradisional khas Indonesia yaitu seperti onde-onde, bikang, lumpia, weci, tahu isi, menjes, pisang goreng, cenil,  apem,  klepon, cucur, dadar gulung, dan masih banyak lagi lainnya, ada juga jajanan pasar tradisional yang tidak kalah populer dengan jajanan-jajanan yang sudah disebutkan tadi yaitu Bubur sumsum. Bubur sumsum sering disebut juga dengan nama bubur lemu, bubur saring atau juga bubur tepung beras. Hidangan ini pun biasanya paling banyak disajikanpada saat bulan puasa. Anda juga bisa membuatnya sendiri atau membelinya di pedagang kaki lima. Bubur sumsum ini enak sekali untuk dijadikan kudapan karena rasanya yang manis serta gurih dan teksturnya yang sangat lembut. Mengapa makanan ini disebut dengan bubur sumsum karena memanh bentuk dan juga warnanya yang mirip tulang sumsum. Jika biasanya bubur sumsum disajikan dengan warna putih saja, sekarang kamu pun juga bisa berkreasi yaitu dengan menambahkan warna hijau yang berasal dari air daun pandan supaya warnanya menjadi lebih menarik.

Resep cara membuat Bubur Sumsum yang Enak

Resep cara membuat Bubur Sumsum yang Enak

Tidak  hanya sebagai camilan saja, bubur sumsum pun juga dapat dikonsumsi sebagai makanan pokok karena memang dapat mengenyangkan perut kita. Bubur sumsum juga sangat mudah sekali untuk kita temui. Namun perlu Anda ketahui bahwa cara membuat bubur sumsum sendiri ternyata sangat lah mudah dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahan-bahan yang diperlukannya pun juga sangat mudah didapatkan di warung maupun minimarket. Mari simak cara membuat bubur sumsum yang enak dan mudah di bawah ini :

Bahan-bahan :

  • Tepung beras 100 g
  • Santan 850 ml
  • Garam 1 sdt
  • Daun pandan 6 lembar
  • Gula merah

Cara membuat:

  1. Siapkan santan sebanyak 650 ml kemudian bagi didalam dua gelas.
  2. Rebus 1 gelas santan dengan 5 lembar daun pandan dengan api yang kecil.
  3. Kemudian aduk agar santan tidak pecah saat dalam proses masak.
  4. Ambil 1 gelas santan lagi, kemudian tuangkan secara perlahan pada tepung beras. Aduk terus dan diusahakan jangan sampai menggumpal.
  5. Tambahkan 1 sdt garam ke dalam.
  6. Masukkan adonan ke dalam santan yang sedang direbus. Aduk lagi hingga tercampur rata. Jangan sampai ada gumpalan.
  7. Ketika sudah tercampur semua secara merata, kemudian matikan api.
  8. Cincang gula merah lalu masak dengan api yang kecil, hingga gula merah mencair.
  9. Masukkan selembar daun pandannya, lalu tambahkan air secukupnya saja. Aduk hingga gula merah larut.
  10. Rebus sisa santan yaitu 200 ml untuk dijadikan sebagai kuah.
  11. Sajikan bubur sumsum dengan cara menuangkannya bersama dengan santan dan gula merah yang sudah dicairkan tadi.
  12. Bubur sumsum sudah siap untuk dihidangkan.

Tips membuat bubur sum sum :

  1. Gunakan santan segar dan murni dari buah kelapa untuk hasil bubur sum sum yang gurih dan nikmat.
  2. Pilih panci stainless steel dengan ukurannya yang beragam dari 16-24 cm, jadi bisa untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  3. Masak bubur sum sum sambil terus diaduk-aduk hingga bubur meletup-letup dan juga benar-benar matang tanak atau tidak berbau dan juga tidak memiliki rasa tepung yang masih mentah.

Gurihnya bubur sum sum bercampur dengan wanginya kuah santan dan manisnya gula merah cair begitu membangkitkan nafsu makan bukan. Lalu tunggu apa lagi? Anda bisa mencoba buat resep di atas untuk kreasi menu sarapan dirumah Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Advertisement
Resep cara membuat Bubur Sumsum yang Enak | Ares | 4.5