Resep Cara Membuat Wedang Ronde Khas Yogyakarta

Wedang Ronde

Resep Cara Membuat Wedang Ronde Khas Yogyakarta – Disetiap kota atau daerah memiliki kuliner makanan atau minuman yang khas dari kotanya atau daerahnya masing-masing, salah satunya dari kota yogyakarta yaitu tentang sebuah sajian minuman yang menghangatkan tenggorokan ialah wedang ronde. Wedang ronde merupakan salah satu sajian minuman hangat yang khas dari kota yogyakarta, wedang ronde memiliki rasa yang menghangatkan serta memiliki campuran bahan-bahan pelengkapnya membuat sajian wedang ronde ini sangat nikmati sekali. Biasanya wedang ronde dijual belikan para pedagangnya setiap menjelang malam tiba, jika anda melancong atau plesir kekota yogyakarta dengan sangat mudah anda menemukan minuman sajian wedang ronde ini. Namun jika anda ingin sekali menikmati wedang ronde ini dimalam hari tapi anda tidak bisa untuk pergi kekota yogyakarta, jangan khawtir karena kami akan memberi solusi tentang permasalahan anda tersebut. Yaitu dengan cara berbagi resep tentang pembuatan wedang ronde khas yogyakarta.

Sebenarnya pembuatan wedang ronde ini terbilang cukup mudah untuk anda yang ingin membuat menu sajian minuman hangat ini, dengan cara membuat didapur anda sendiri serta dibantu dengan resep yang kami bagi. Tentunya andapun dengan sangat bisa membuat wedang ronde khas yogyakarta, citarasanya sama persis dengan wedang ronde yang ada dikota asalanya. Terpenting anda menyiapkan semua bahan-bahan yang nantinya akan digunakan dalam pembuatan wedang ronde ini, agar hasilnya sangat memuasakan untuk dinikmati. Jika anda berhasil dalam pembuatan wedang ronde ini pastinya anda bisa suguhkan wedang hangat ini kepada keluarga anda yang sedang bersantai sembil menonton televisi, baiklah kita langsung saja simak resep dibawah ini dengan resep membuat wedang ronde khas yogyakarta.

Wedang Ronde

Berikut Bahan Untuk Ronde :

  • 150 gram tepung ketan
  • 1/4 sdt garam
  • 135 ml air
  • Pewarna merah makanan, jika diperlukan
  • Pewarna hijau makanan, jika diperlukan

Berikut Isi Wedang Ronde :

  • 50 gram kacang tanah, dikupas kulitnya lalu disangrai
  • 1/8 sdt garam
  • 25 gr gula pasir

Berikut Bahan Untuk Wedang Jahe :

  • 400 gr jahe, dibakar serta digeprek
  • 400 gr gula pasir
  • 2000 ml air
  • 6 batang serai, digeprek
  • 4 helai daun pandan
  • 1 sdt garam

Berikut Bahan Untuk Pelengkap :

  • 3 lembar roti tawar, kupas kulitnya lalu dipotong kotak-kotak
  • 25 gr sagu mutiara
  • 200 gram kolang-kaling, diiris kecil

Berikut Cara – Cara Membuat Wedang Ronde :

  1. Langkah pertama buat untuk isi wedang ronde yaitu. Siapkan blender lalu masukkan kacang tanah hangat, garam serta gula pasir kemudian blender sampai sedikit halus. Lalu sisihkan.
  2. Langkah kedua buat untuk ronde. Siapkan wadah lalu masukkan tepung ketan serta garam, aduk-aduk sampai merata. Kemudian tuang air hangat secara sedikit demi sedikit kedalam campuran tersebut dan ulani sampai adonan kalis.
  3. Selanjutnya siapkan lagi tiga wadah lalu bagi adonan yang sudah kalis kedalam tiga wadah tersebut, beri pewarna merah kedalam adonan yang pertama lalu beri pewarna hijau kedalam adonan yang kedua dan biarkan adonan yang ketiga berwarna putih.
  4. Berikutnya aduk masing-masing adonan tersebut sampai warna tercampur dengan merata.
  5. Ambil secukupnya adonan ronde lalu pipihkan dengan tangan kemudian tambahkan bahan isinya secukupnya, bentuk bulat adonan tersebut. Lakukanlah sampai adonan habis.
  6. Siapkan panci lalu masukkan air dan rebus sampai mendidih lalu masukkan adonan ronde yang sudah dibentuk bulat kedalam air rebusan tersebut. Rebuslah sampai adonan ronde mengapung, angkat dan sisihkan.
  7. Langkah ketiga buat bahan wedang jahe. Siapkan panci lalu masukkan air, daun pandan, gula pasir, jahe serta serai. Rebuslah sampai mendidih serta tercium harum dengan menggunakan api kecil.
  8. Untuk cara penyajian. Siapkan mangkuk lalu masukkan isian ronde dan pelengkapnya kemudian sirami dengan kuah ronde, wedanga ronde siap untuk disajikan.

Sajikanlah wedang ronde ini selagi hangat agar rasa hangatnya lebih maknyus, itulah resep cara membuat wedang ronde khas yogyakarta kali ini. Semoga anda berhasil dalam membuatnya dan terimakasih.

You May Also Like

About the Author: ALMO Channel

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.